PROFIL
MTs. AL-QODIRI I JEMBER
A. LEGALITAS LEMBAGA
- Berdiri
sejak tahun 1989
- SK. Pendirian Madrasah/ijin operasional Kakanwil Depag Surabaya No : Wm.06.03/PP.03.2/SKP/1997 dengan Status Terdaftar
- Piagam
akreditasi no : B/Kw.13.4/MTs/005/2004
- Sertifikat
NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) : 20524335
- Sertifikat
BAN-S/M No. 008255, Terakreditasi B
dengan nilai 83.92 kurang 1.7 untuk
nilai A.
- NUS (Nomor
Urut Sekolah) : 555
- NSM (Nomor
Statistik Madrasah) terbaru : 121235090093
- No. SK.
Pendirian Madrasah (pembaharuan) : Kd.13.09/4/PP.07/2264/2010
B. VISI, MISI DAN TUJUAN
1. VISI
“MEWUJUDKAN GENERASI
MUSLIM BERPRESTASI, BERILMU DAN BERAMAL BERLANDASKAN AKHLAQUL KARIMAH”
2. MISI
1. Mengaktualisasikan
nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.
2. Melaksanakan ekstra
kurikuler yang tepat guna
3. Menyelenggarakan
pendidikan secara professional
4. Mendorong siswa terampil
dalam teknologi
5. Membangun dan mengembangkan kecakapan hidup (life skill) yang
bersandar pada akhlaqul karimah
6. Optimalisasi program kelas unggulan berupa bilingual (bahasa
arab & bahasa inggris) serta penguasaan membaca kitab kuning
3. TUJUAN
1. Menghasilkan
output pendidikan yang memiliki kepribadian Islami dan muatan ilmu agama yang
dalam berdasarkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt.
2. Menghasilkan
output pendidikan yang berprestasi, berkualitas dan tangguh dalam menghadapi
arus globalisasi dengan bekal ilmu pengetahuan dan teknologi yang memadai dan berdaya guna dimasyarakat.
C. STRUKTUR LEMBAGA
Adapun struktur organisasi
dan lembaga sebagai mana terlampir.
D. KETENAGAAN
Adapun data guru dan
pegawai sebagai mana terlampir.
E. KESISWAAN
Kondisi jumlah siswa
pada tahun pelajaran 2013/2014 adalah sebagai berikut :
Adapun jumlah siswa
secara keseluruhan berjumlah 584 siswa/siswi dengan 16 rombongan belajar (rombel), adapun rinciannya
sebagai berikut :
No
|
Kelas
|
Jumlah Rombel
|
Putra
|
Putri
|
Jumlah
|
1
|
Tujuh
|
6
|
111
|
129
|
240
|
2
|
Delapan
|
6
|
116
|
106
|
222
|
3
|
Sembilan
|
5
|
91
|
106
|
197 |
Jumlah
|
16
|
318
|
341
|
659
|
F. SARANA PRASARANA
Adapun daftar sarana
prasarana yang dimiliki oleh lembaga ini adalah sebagai mana terlampir.
G. KEUANGAN
MTs. Al-Qodiri I Jember memiliki 1 pemasukan, yaitu :
- Bantuan Pemerintah ( BOS, BOS buku, dll ) Yang tertuang dalam Rencana Anggaran Operasional Madrasah (RAPBM) sebagai mana terlampir dan dilaporkan secara berkala kepada instansi yang terkait.
H. LAIN-LAIN
1. Kelas unggulan
a. Motto Kelas Unggulan
“CERDAS, DISIPLIN,
BERPRESTASI
DAN BERAKHLAQUL KARIMAH”
b. Program Kelas
Unggulan
1) Membaca Kitab Kuning (methode Amtsilati)
a) Penguasaan materi dan qoidah (jilid 1-5)
b) Aplikasi materi & qoidah pada praktek membaca kitab kuning
- Pengajian kitab oleh ustadz (memasuki jilid
3)
- Musyawaroh Kitab (dibuat kelompok)
- Sorogan Kosongan (pembiasaan baca kitab)
2) Bahasa Inggris
a) Methode ini menyesuaikan dengan metode yang
diterapkan di Pare – Kediri
b) Adapun tahapan-tahapan programnya sebagai
berikut :
- BTC (basic training class)
- CTC (candidate training class)
- TC (training class)
- MS (mastering sistem)
3) Bahasa Arab
a) Penguasaan mufrodat (kosa kata arab)
b) Muhadatsah (percakapan berbahasa arab)
c) Aplikasi nahwu shorrof dalam percakapan
berbahasa arab
c. Jenjang Waktu
1) Tahun Pertama Membaca
kitab kuning
2) Tahun Kedua Prestasi
akademik
3) Tahun Ketiga Lulus
Ujian Nasional
2. Penilaian kelas terbaik (terbersih, terlengkap)
Tujuan diadakannya kelas terbaik (non
unggulan) adalah sebagai berikut :
a. Menjaga kelas agar tetap bersih, indah, kondusif dan nyaman
b. Merupakan pembelajaran bagi siswa agar senantiasa menjaga dan
melestarikan apa yang telah di amanahkan kepada mereka
c. Menumbuhkembangkan sikap tanggung jawab, disiplin dan rasa sosial pada
siswa
d. Memaksimalkan fungsi wali kelas
e. Meningkatkan gairah belajar siswa
f. Mengembangkan kreatifitas siswa
didalam mengelola kelas
g. Berjalannya pembagian kerja (job discriptions) pengurus kelas
h. Membantu madrasah didalam mengelola sarana dan prasarana madrasah
terutama kelas
i.
Memberikan penghargaan
atau apresiasi kepada siswa atas kenerja yang telah dilakukan
0 komentar :
Posting Komentar